Powered by Blogger.

Monday, June 25

Tips Mencari Pre School untuk Anak

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Tips Mencari Pre School untuk Anak
Tips Mencari Pre School untuk Anak - Ada begitu banyak sekolah yang menawarkan pendidikan usia dini, namun apakah semuanya baik untuk anak Anda? Sebelum memilih pre school mana yang terbaik, berikut ini tips untuk Anda.

Sekarang ini lembaga pendidikan pre school begitu mudah ditemukan. Namun sayangnya sebagai orangtua, Anda tidak tahu mana yang baik karena pemerintah tidak menerapkan standarisasi.

Menurut pakar pendidikan Profesor Sandralyn Brynes, di Indonesia setiap orang bebas mendirikan pre school. Tidak ada standarisasi yang baku baik dalam kurikulum maupun bagaimana profesionalitas pengajarnya.

"Sayangnya pendidik di Indonesia tidak dididik dengan baik. Padahal harusnya ada spesialisasi. Bidang pendidikan anak usia dini memerlukan area spesialisasi. Namun di sini tidak cukup banyak spesialis di bida itu," tutur wanita asal Australia yang sudah tujuh tahun menetap di Indonesia dan meneliti tentang pendidikan usia dini itu.

Sandra yang kini menjadi kepala sekolah di Royal Tots Academy, Kuningan itu pun merasa sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Makanya, sebagai salah satu pendidik ia berharap para orangtua harus sangat cermat dalam memilih pre school untuk anak-anak mereka.

Berikut ini tips dari penyandang gelar Australia and International Teacher of the Year itu dalam memilih pre school:

1. Sempatkan waktu datang ke pre school yang dituju.

2. Lihat kondisi sekolahnya, apakah aman dan bersih, apakah murid-murid di sekolah itu bisa melihat langit. Sekarang ini tidak sedikit pre school yang berdiri di dalam sebuah gedung, sehingga murid-muridnya tidak bisa melihat langit dan hanya menatap langit-langit gedung.

3. Luangkan waktu untuk mengobrol dengan guru dan kepala sekolahnya. Lihat bagaimana leadership di sekolah tersebut. Cari tahu apakah si pemimpin dan guru sekolah tahu banyak tentang pendidikan usia dini.

4. Tanya apa kurikulum di sekolah tersebut.

5. Mengobrol dengan orangtua murid yang anaknya sekolah di pre school tersebut.

6. Perhatikan apa yang murid-murid sekolah itu lakukan di pre school. Apakah anak-anak tersebut aktif, antusias, mandiri dan punya rasa ingin tahu.

7. Apakah ada hal-hal lain yang dilakukan di sekolah itu, antara orangtua dan pihak sekolah, selain mengantar dan menjemput.

Saat mencari sekolah pre school untuk anak, Sandra meminta agar para orangtua benar-benar mencari dengan hati-hati. Sebaiknya dalam melihat suatu sekolah, jangan hanya bungkus luarnya saja. Bisa saja saat dilihat sekilas, sekolah tersebut memenuhi standar yang Anda inginkan, namun ternyata setelah dimasuki lebih jauh, banyak kekurangannya.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sob demi kemajuan Blog ini, Terima Kasih!!!

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)