Powered by Blogger.

Monday, April 25

Cara Agar Otak Bekerja Lebih Aktif

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Musibah yang datang silih berganti seakan menyisakan kesedihan mendalam dan anda pasti kurang suka dengan apa itu musibah!

Sebuah riset terbaru di Inggris menunjukkan beberapa bagian tertentu otak aktif saat berhadapan dengan dilema moral. Dalam laporan yang dipublikasikan di American Medical Association, para periset berhasil mengidentifikasi beberapa bagian dari otak yang membantu manusia ketika mereka dihadapkan dengan dilema-dilema moral yang sangat sulit.

Dengan menggunakan teknik scanning otak yang canggih, periset menemukan respon manusia pada dilema moral dengan mengaktifkan sejumlah areal otak yang berkaitan dengan pemikiran abstrak dan emosi dasar seperti seks, kekhawatiran dan kemarahan.

Saat manusia dihadapkan dengan satu kondisi yang simpel bertalian dengan altruisme atau sifat mengutamakan kepentingan orang lain, mereka akan berhubungan dengan apa yang disebut medial prefrontal cortex, satu areal yang bertalian dengan kemampuan otak dan belajar.

Tapi saat dipaksa untuk membuat keputusan moral yang sulit, areal lain dalam otak diaktifkan yang mencakup wilayah yang berhubungan
dengan pemikiran rasio dan emosi dasar.
Beberapa wilayah otak terlihat berkaitan dengan komponen-komponen pengetahuan atau kebijakan yang berbeda. Ini berkaitan dengan satu keseimbangan antara wilayah-wilayah otak lebih primitif seperti apa yang disebut sistem limbik dan yang termodern

Teknik scannaing otak yang semakin canggih seperti gambaran gaung magnetik atau fMRI yang bisa membuat periset melihat bagian otak yang menjadi aktif ketika manusia menghadapi beban-beban mental. Riset terbaru lainnya mencoba memahami aspek-aspek seperti empati, stabilitas emosi dan rasa iba yang dianggap periset menjadi bagian konsep pengetahuan atau kebijakan yang tidak berwujud.

Hmm, ternyata benar! Anda hikmah tersendiri dibalik setiap musibah serta dilema moral yang selama ini kita alami..

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sob demi kemajuan Blog ini, Terima Kasih!!!

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)